Minggu, 01 Maret 2015

Belajar Untuk Sabar dan Ikhlas


Belajar Untuk Sabar dan Ikhlas



Assallamualaikum, Wr,Wb. Salam bahagia dan sehat selalu, ini hanyalah sebuah tulisan ringan sebagi pembelajaran dan motivasi buat saya pribadi dan mudah mudahan bermanfaat juga buat yang membacanya.
http://www.sesawi.net/wp-content/uploads/2012/09/patience.pngBelajar untuk sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian dan cobaan dalm hidup adalah hal yang paling sulit, mudah diucapkan tapi susah untuk dipraktekan dalam kenyataanya. Sering ketika cobaan datang menghampiri baik itu berupa permaslahan keluarga, pekerjaan, sakit, kehidupan sosial dan masalah lain yang menimpa, kita sering marah kepada diri sendiri, menghukum diri sendiri, menyalahkan orang lain, Bahkan mungkin marah kepada Allah dan menganggap bahwa Allah itu tidak adil.
Apa yang harus kita lakukan ketika menghadapi cobaan ?
Biarkanlah waktu mengajarimu kesabaran dan keikhlasan yang sesungguhnya, belajarlah dari sekitar kita, ketika kita melihat ada begitu banyak kesedihan dan kesakitan yang dirasakan orang-orang yang tidak seberuntung kita. Yang tak bisa makan tiap hari, yang tak punya tempat berteduh, yang tak punya pekerjaan yang layak, Dari semua itu kita akan blajar bersyukur dan kita harus yakin cobaan demi cobaan yang menimpa adalah ujian dari Alloh untuk kita belajar menghadapi cobaan dengan sabar dan ikhlas. “Ingatlah bahwa Allah tidak akan memberikan cobaan diluar kemampuan umatNya”. Dengan belajar sabar dan ikhlas dari segala cobaan yang dihadapi barangkali akan menjadi obat yang mujarab agar hidup kita kembali bergairah tidak selalu terkungkung dengan permasalahan itu sendiri sehingga diri kita sendiri yang rugi, Sabar dan ikhlas merupakan kekuatan iman, pengendali jiwa yang mendorong seseorang untuk menyingkirkan pransangka buruk terhadap permasalahan yang dhadapi. ST0P keinginan untuk lari dari masalah dengan hal-hal yang negatif yang hanya akan merugikan diri sendiri tapi mulailah dengan berpiki positif bahwa semua masalah yang dihadapi datang dari Allah swt sebagai ujian untuk kita untuk lebih bersabar dan ikhlas dalam menghadapinya.
Yang paling penting kita harus memahami dengan sebaik-baiknya bahwa Allah SWT pemilik yang sebenar-benarnya atas segala sesuatu apapun yang kita miliki di dunia ini. Dengan kesabaran dan keihklasan maka Insya Allah kita akan lebih mudah menjalani hidup. Karena kita menyadari, bahwa semua ini, hidup ini, dan atas semua yang kita miliki adalah milik Allah dan semua akan kembali kepadaNya. Inilah makna dari hidup sabar dan ikhlas. Ikhlas dalam menjalani kehidupan yang penuh kebahagiaan dan kekayaan, sabar ketika kita tengah mendapatkan ujian hidup berupa cobaan yang berat, Ketahuilah dan yakinlah bahwa sesungguhnya dalam setiap cobaan berat yang Allah SWT berikan untuk kita, maka ada hikmah dan pahala yang besar yang menyertainya.
Intinya sabar dan ikhlas adalah Kunci kebahagiaan dalam hidup ini. Allah lah yang Maha Mendesain hidup kita dari awal hingga akhir hayat kita, Percayalah Allah punya rencana yang lebih besar buat hidupmu atas permasalahan yang kita hadapi saat ini. TETAP SEMANGAT.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar